Tutorial Excel Part -1 : Fungsi Sum Average Max Min Count dan COUNTIF - Tech-Info

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Tutorial Excel Part -1 : Fungsi Sum Average Max Min Count dan COUNTIF

Tutorial Excel Part -1 : Fungsi Sum Average Max Min Count dan COUNTIF

Share This

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,  penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak  ini  sangat membantu untuk  menyelesaikan permasalahan  administratif mulai  yang  paling  sedernaha  sampai  yang  lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh  permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen  data dengan  menampilkan grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

    Fungsi Sum Average Max Min Count dan Count + IF
Fungsi Sum
Fungsi ini artinya adalah menjumlahkan, jadi fungsi Sum dalam Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan isi data berupa angka dalam range tertentu penulisannya. Penulisan fungsi SUM dalam Microsoft Excel adalah =SUM ( Cell awal :Cell Akhir ), maksudnya kita disini akan menjumlahkan Cell dari cell awal ke cell akhir. Untuk lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini.

Kita gunakan Fungsi SUM untuk menghitung Total Nilai. Maka kita akan menjumlah Cell dari G23 sampai ke G29, sehingga Penulisan Fungsi Sum dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut.
= SUM ( G23 : G29) Kemudian Tekan Enter. Itulah gunanya Fungsi Sum Dalam Microsoft Excel

Fungsi Average
Fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah sebuah Fungsi yang digunakan untuk mencari rata rata dari suatu range tertentu. Penulisan fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut = Average ( cell pertama : cell terakhir). Untuk lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini.

Misalnya saja kita akan mengisi rata rata. Maka kita dapat menggunakan fungsi Average, berarti untuk mengisi rata rata tersebut kita gunakan D8 sebagai cell pertama kemudian D17 sebagai cell terakhir.
= Average ( D11:H11)
Setetalah penulisannya benar kemudian tekan enter.
Fungsi Max
Fungsi Max dalam Microsoft Excel digunakan untuk mencari data tertinggi dari suatu range. Fungsi Max ini digunakan untuk mencari nilai tertingi dalam suatu kelas. Penulisan Fungsi Max dalam Microsoft excel
 adalah sebagai berikut. =MAX ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )
Pada gambar diatas kita dapat mencari nilai tertinggi dengan menggunakan fungsi Max dalam Microsoft Excel, caranya Pada gambar diatas Range nilai tertinggi adalah antara B2 sampai B11. Sehingga Penulisan Fungsi tersebut adalah sebagai berikut.
= Max ( D8 : D17)
Setelah menuslih fungsi max dengan benar, setelahnya adalah menekan enter.
Fungsi Min
Fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah kebalikan dari Fungsi Max, fungsi ini digunakan untuk mencari data terendah dari suatu range. Penulisan fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut. =MIN ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )

= Min ( D8 : D17)
Setelah menuslih fungsi min dengan benar, setelahnya adalah menekan enter.
 Fungsi Count
Rumus COUNT digunakan untuk menghitung berapa banyak data maupun argument yang berupa angka pada sekumpulan cell atau range tertentu. Dengan demikian, data atau argument yang bukan angka tidak akan dihitung oleh fungsi COUNT ini.
Rumus COUNT
=COUNT(value 1,[value 2],…)
ü  value 1 (wajib) yaitu data pertama, cell ataupun range yang akan dihitung.
ü  value 2 (opsional) yaitu data kedua, cell atau pun range yang akan dihitung. Data tambahan ini banyaknya bisa mencapai 255 item.
Contoh :
Rumus COUNT pada cell A8 adalah sebagai berikut:
=COUNT(M8:M17)
Hasil dari rumus COUNT tersebut akan menghasilkan nilai 4 karena hanya ada 4 data angka pada cell M8:M17. Data “dua”, “lima”, dan ‘7 (ada simbol ‘ sebelum angka 7) bukan merupakan angka sehingga tidak dihitung.
a)      Fungsi COUNTIF
Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam suatu range atau rentang yang memenuhi kriteria tunggal yang telah kita tentukan sebelumnya.
Penulisan rumus/formulanya
=COUNTIF(range: kritera)
ü  range merupakan rentang sel yang akan dihitung jumlah sel yang digunakan.
ü  criteria merupakan nilai yang akan dicocokkan untuk dihitung pada range yang dipilih
Berikut ini adalah ilustrasi penggunaan fungsi countif seperti pada contoh gambar fungsi countif 1 dibawah ini.

Pada gambar dibawah ini terdapat sebuah tabel lalu masukan rumus countif maka akan muncul hasilnya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages